Wednesday, June 6, 2012

Ganti Kem Racing di Motor Injeksi, Lebih Irit atau Boros





Penggunaan kem racing untuk diaplikasikan pada motor injeksi memang memberikan dampak positif terhadap tenaga dan torsi yang dihasilkan. Dengan uji diatas dinotes, power maksimum kem standar berada di 8,10 dk/7.200 rpm. Angka itu ditinggalkan ketika terjadi penggantian kem standar dengan kem racing.

Penggunaan kem racing ini bisa menaikan tenaga hingga 1,40 dk. Sedangkan peningkatan torsi yang terjadi, yaitu sekitar 0,21 ft-lbs. Jika di kem standar torsinya 6,58 ft-lbs, maka di kem tipe racing 6,79 ft-lbs. Tapi, dengan power dan torsi yang sudah didapat, kita masih belum tahu tentang konsumsi bahan bakar secara real-nya setelah penggantian Kem Racing di Motor Injeksi ini.

Menurut hasil pengujian tim MOTOR Plus yang penulis baca, terutama lewat tes riding maka bisa diketahui perban-dingan jarak tempuh terhadap bahan bakar yang dikonsumsi. Pengujian dilakukan di motor Honda Supra X125 PGM-FI lansiran 2005.


Metode pengujian, tangki motor diisi penuh dan ditandai permukaan teratas bensin. Jarak yang ditempuh adalah 15 km dengan kecepatan rata-rata, 60 km/ jam. Pengukuran pengisian ulang setelah riding, menggunakan gelas ukur demi menjamin keakuratannya.

Ganti kem simpel. Tinggal buka baut di kepala silinder

Sebagai tes awal, motor injeksi tetap dijejali kem standar. Setelah itu motor dikendarai dengan pemuturan grip gas secara halus (eco riding). Setelah menempuh jarak 15 km, kem standar mengkonsumsi bahan bakar sebanyak 300 ml. Itu artinya, 1 liter bahan bakar bisa menempuh jarak sejauh 50 km.

Sekarang beralih ke kem racing. Metode dan cara berkendara tetap seperti pengetesan pertama. Setelah motor menempuh jarak 15 km, bensin kembali dihitung. Dengan jarak tempuh yang sama yaitu 15 km, kem aftermarket ini menghabiskan bensin 375 ml. Kalau dihitung per liter, maka 1 liter bensin mampu membuat motor hanya berlari hingga jarak tempuh 40 km.

Kesimpulannya, 1 liter bensin di motor kem standar bisa menempuh jarak 50 km. Sedang 1 liter bensin dengan aplikasi kem racing, hanya menempuh jarak 40 km. Maka ada selisih jarak 10 km antara
kem racing dan standar. Tapi, meski kem racing bikin konsumsi BBM sedikit boros, tapi power dan torsi yang dihasilkan cukup menyenangkan buat mereka yang doyan akselerasi.

Semoga bermanfaat.

motorplus-online

1 comment:

  1. keren artikelnya gan, jangan lupa mampir gan,
    Bermain Dan mendapatkan Untung banyak

    ReplyDelete