Thursday, June 7, 2012

3 Kiat Sukses dalam Bursa Kerja


Bursa kerja, alias job fair, kerap dapat Anda temui di banyak kota dengan pilihan perusahaan yang beragam. Bagaimana agar job fair yang dihadiri benar-benar mengantarkan Anda pada pekerjaaan impian? Berikut 3 kiat ampuh meraih kesuksesan lewat job fair.

Memiliki strategi
Job fair yang Anda ikuti diadakan dengan tujuan memudahkan pencari kerja mendapatkan karir yang diinginkannya. Gunakan strategi untuk berpartisipasi secara maksimal. Ketahui perusahaan apa saja yang mengikuti job fair tersebut dan tentukan perusahaan mana yang booth-nya akan Anda hampiri dan berikan lamaran lengkap.

Riset perusahaan partisipan
Sebelum menghadiri bursa kerja, lakukan riset kecil dengan menggali informasi tentang perusahaan-perusahaan peserta bursa kerja dari website atau dari pihak yang dapat dipercaya. Ini berguna untuk persiapan Anda seandainya dilakukan wawancara di lokasi bursa kerja. Kandidat yang mengetahui latar belakang perusahaan akan menarik di mata pewawancara sehingga berpeluang lebih besar untuk lolos ke tahap seleksi selanjutnya.

Bersiap selalu
Meski dalam suasana job fair, perusahaan partisipan berharap para pencari kerja telah bersiap diri saat menghadirinya. Secara fisik, perusahaan mengharapkan kandidat yang melakukan lamaran untuk berpenampilan rapi dan percaya diri. Selain itu, kandidat pun diharapkan memiliki kualitas-kualitas umum karyawan berkualitas, seperti pengalaman berorganisasi dan prestasi akademis yang dapat diketahui dari resume Anda dan dari wawancara di lokasi bursa kerja.

Semoga Kiat Sukses dalam Bursa Kerja diatas dapat bermanfaat untuk Anda.

4 comments:

  1. tambahan, cari informasi mengenai perusahaan yang sangat cocok jenis usahanya dengan kemampuan atau background pendidikan yang kita miliki, sehingga tidak terlalu banyak perusahaan yang harus kita ketahui...

    jasa pindahan

    ReplyDelete
  2. artikel yang sangat bermanfaat gan..... saya senang berkunjung ke blog anda.... terimakasih teruslah memberikan informasi yang bermanfaat gan....;)

    ReplyDelete
  3. keren artikelnya gan, jangan lupa mampir gan,
    Bermain Dan mendapatkan Untung banyak

    ReplyDelete