Wednesday, November 3, 2010

Penempatan Kamar Mandi Yang Baik

Untuk alasan kepraktisan, saya menempatkan kamar mandi di bagian depan rumah, bersebelahan dengan ruang tamu. Tapi masalahnya, pintu kamar mandi jadi menghadap ke ruang tamu. Bagaimana, ya? Apakah sebaiknya saya mengubah posisi pintu?
KETIKA berkunjung ke rumah seorang rekan dan masuk ke dalam ruang tamunya, Alan merasa ada hal yang membuatnya tidak nyaman. Semula ia tidak sadar apa yang membuatnya tidak nyaman.
Usut punya usut, ternyata rasa itu timbul karena adanya pintu kamar mandi/WC di ruang tamu tersebut. Posisi pintu itu tepat mengarah ke tempatnya duduk. Kondisi ini menjadi kurang menyenangkan, karena setiap kali pintu kamar mandi dibuka, baik oleh orang yang mau masuk ke dalam maupun oleh orang yang ingin keluar dari kamar mandi - ia seolah-olah disuguhkan pemandangan berupa ruang dalam kamar mandi beserta kloset di dalamnya. Rasa tidak nyaman menjadi lebih parah lagi ketika pintu kamar mandi terbuka saat is seoang mengambil minuman atau mencicipi penganan yang disuguhkan oleh si tuan rumah.
Tempat Buang Kotoran
Situasi yang dihadapi Alan bisa dialami oleh siapapun. Sekalipun kondisi kamar mandi beserta klosetnya sangat terawat, bersih, serta berbau harum, kita mungkin tetap tidak bisa mengenyahkan pikiran tentang WC yang kotor dan bau. Ini sangat bisa dipahami, karena fungsi WC memang untuk membuang kotoran yang bau serta kotor.
Bila ditinjau dari etika orang Timur, situasi ini tentu akan memberi kesan yang tidak ramah dan kurang baik dari pemilik rumah kepada tamu yang datang. Begitu pula bila desain seperti ini diterapkan di sebuah kantor, akan memberi kesan kurang baik dari orang yang bekerja di kantor tersebut terhadap tamunya. Bukannya tidak mungkin hal ini menyebabkan sering terlewatkannya kesempatan yang baik. Oleh orang Jawa, komposisi ini dikatakan sebagai langkah "menolak rezeki".
Akibat Sha Qi
Mengapa pintu kamar mandi yang ada di ruang tamu tersebut bisa memberikan pengaruh buruk seperti itu? Dalam Feng Shui, hal ini bisa dijelaskan sebagai berikut. Kamar mandi/WC menghasilkan energi Sha Qi/hawa pembunuh.
Energi ini akan membuyarkan Sheng Qi/hawa rezeki yang masuk ke dalam rumah. Para tamu yang semula datang dengan tujuan baik, bukannya tidak mungkin pikirannya jadi mudah terpengaruh oleh energi buruk yang berasal dari WC sehingga timbul niat yang kurang balk/kurang benar terhadap penghuni.
Misalnya saja, tamu ingin meminjam uang/barang tetapi tidak punya niat untuk mengembalikan atau menebar pengaruh buruk lainnya. Jadi yang dirugikan di sini adalah penghuni rumah. Energi Sha Qi merusak pikiran jernih sehingga mudah dipengaruhi oleh hal-hal yang buruk.
Untuk mencegah terjadinya pengaruh buruk tersebut, selagi masih dimungkinkan usahakanlah untuk tidak membuat pintu WC yang membuka tepat ke arah ruang tamu. Karena, selain ini akan membuat tamu tidak nyaman, Anda sendiri juga mungkin akan merasa tidak
Ini Dia Solusinya!
Anda ingin mendesain rumah dengan kamar mandi/WC di dekat ruang tamu atau mendesain kantor dengan kamar mandi dekat ruang tunggu? Ada beberapa cara yang sesuai dengan kaidah Feng Shui yang bisa Anda tempuh.
  • ANDA bisa memindahkan posisi pintu ke bidang dinding yang lain, sehingga letak pintu kamar mandi/WC mengarah ke dalam rumah atau sisi yang lain. Ini akan membuat pintu kamar mandi tersembunyi dari pandangan tamu yang duduk di kursi tamu.
  • APABILA hal di atas tidak mungkin dilakukan karena keterbatasan ruang, sebaiknya berikan semacam penyekat atau partisi di bagian depan pintu kamar mandi/WC yang mengarah ke ruang tamu. Dengan adanya penyekat ini, ketika pintu kamar mandi dibuka, orang yang yang duduk di ruang tamu tidak benar-benar disuguhi pemandangan berupa kloset. Tetapi cara ini membutuhkan ruang ekstra, kecuali ruang tumua atau ruang tunggu yang dimaksud ukurannya cukup luas
  • APABILA posisi pintu kamar mandi sudah tidak bisa diutak-atik lagi, sebaiknya pindahkan saja letak kamar mandi/WC ke posisi yang lebih tepat. Kemudian, jadikan kamar mandi/WC tersebut sebagai gudang. Pintu gudang yang mengarah ke ruang tainu masih bisa diterima dalam kaidah Fengsui.
Sumber : metroaktual.com


Dapatkan info mengenai toko bahan bangunan, produk atap baja ringan dan lain-lain di http://ster1.karir.com/.

No comments:

Post a Comment