Thursday, April 7, 2011

Vitamin D Untuk Melindungi Mata

Kita semua pasti sudah mengetahui bagaimana pentingnya fungsi vitamin A untuk kesehatan mata yang kita miliki. Vitamin A dapat mencegah berbagai penyebab kerusakan pada mata bahkan dapat mencegah kebutaan pada mata. Namun, selain vitamin A, ternyata terdapat beberapa jenis vitamin lain yang fungsinya tidak kalah penting untuk kesehatan mata kita.

Berikut beberapa jenis vitamin dan fungsinya untuk kesehatan mata :

Vitamin C
Vitamin ini terdiri dari antioksidan yang merangsang sistem kekebalan tubuh untuk melawan infeksi dan melindungi tubuh dari bahan kimia berbahaya serta beracun. Karenanya vitamin C ini akan melindungi mata dari kerusakan termasuk katarak yang membuat penglihatan seseorang buram atau warnanya memudar karena terhalang oleh sesuatu yang berbentuk seperti awan.

Studi yang dilakukan oleh ilmuwan London School of Hygiene and Tropical Medicine di Inggris menemukan konsumsi vitamin C yang cukup bisa berperan aktif untuk melindungi katarak dengan menurunkan risiko sebesar 64 persen. Hasil ini diterbitkan dalam
Journal of Nutrition tahun 2002.
Sumber : Jeruk, strawberry, anggur, tomat, brokoli, kentang. Takaran yang dianjurkan : 60 mg/hari
Vitamin D
Vitamin D memainkan peran dalam mencegah degenerasi makula, yaitu berkurangnya ketajaman penglihatan seseorang secara berangsur-angsur yang berhubungan dengan penuaan. Studi yang diterbitkan dalam
Archives of Ophthalmology tahun 2007 menuturkan vitamin D dapat melindungi mata dari degenerasi makula.
Sumber : Ikan salmon dan sardin, udang, susu. Takaran yang dianjurkan : 400 IU/hari
Vitamin E
Vitamin E adalah antioksidan yang melindungi sel dari radikal bebas. Seseorang yang kekurangan vitamin E nantinya dapat meningkatkan risiko retinopati berpigmen yaitu suatu kondisi yang melibatkan kerusakan retina.
Sumber : Kacang-kacangan, minyak zaitun, minyak jagung, wortel, alpukat. Takaran yang dianjurkan : 30 IU/hari
Sumber: health.detik.com

Dapatkan info mengenai beragam produk kesehatan dan lain-lain di ster1.karir.com/

No comments:

Post a Comment