Wednesday, July 13, 2011

Varises Dan Pecegahannya

Varises adalah pembuluh darah yang bengkok, berwarna biru dan bengkak yang berada tepat dibawah permukaan kulit. Varises paling sering terjadi di kaki. Gejala lain termasuk gatal, sakit, pembengkakan pergelangan kaki dan perasaan berat pada kaki.

Katup yang terdapat dalam pembuluh vena di kaki membantu aliran darah dari kaki kembali ke jantung. Jika katup tersebut mengalami kerusakan atau melemah, terjadi "kolam" darah di pembuluh vena dan menyebabkan dinding pembuluh vena membengkak luar.

Beberapa orang memiliki sejarah keluarga yang mengalami varises dan hal tersebut menjadikan resiko menderita Varises menjadi lebih mungkin terjadi. Wanita hamil, dan mereka yang kelebihan berat badan atau yang menghabiskan banyak waktu untuk berdiri pun sangat beresiko.

Pengobatan, baik dengan suntikan atau bedah stripping vena yang mengalami varises tentu sangat mahal dan biasanya hanya berhasil untuk sementara saja.

Pencegahan melalui langkah-langkah untuk mengontrol kerusakan pada pembuluh vena merupakan solusi yang terbaik..

Berikut beberapa hal yang dapat menjadi acuan dalam proses pencegahan terjadinya varises.

* Berolah raga secara teratur. Berjalan kaki dapat meningkatkan kekuatan pembuluh vena.
* Kenakan stoking elastis ketika berdiri untuk jangka waktu yang lama.
* Jika Anda harus berdiri untuk jangka waktu yang lama, sempatkan untuk duduk dengan mengangkat posisi kaki Anda lebih tinggi daripada dada Anda. Hal ini akan meningkatkan aliran darah.
* Jaga dan maintain selalu berat badan Anda dengan baik.

Demikian, semoga bermanfaat.


No comments:

Post a Comment