Wednesday, May 23, 2012

Memaksimalkan Masa Magang Anda


Pertengahan tahun adalah waktu ideal untuk setiap mahasiswa, atau siapapun yang ingin menambah pengalaman, untuk mempersiapkan diri dengan kesempatan magang yang biasanya ditawarkan banyak perusahaan. Simak keempat tips berikut ini agar masa yang singkat saat magang bermanfaat maksimal bagi Anda untuk jangka panjang.

  1. Tentukan tujuan magang
    Ada beberapa tujuan umum seseorang melakukan kerja magang: untuk menambah pengalaman, untuk mengasah keterampilan pada bidang tertentu, atau sekedar untuk mengisi waktu liburan. Tentukan tujuan magang agar Anda lebih termotivasi dan terarah sesuai dengan tujuan yang dimiliki.

  2. Tidak memisahkan diri
    Meski status Anda adalah karyawan magang, menjalin pertemanan dan kedekatan dengan karyawan lain tetaplah penting dilakukan. Kalahkan rasa takut beradaptasi dengan mencoba berbaur, bahkan dengan mereka yang memiliki jabatan tinggi. Pekerja senior umumnya mempunyai pengetahuan yang baik mengenai pekerjaan dan karir, sehingga Anda bisa belajar dari mereka.

  3. Bekerja serius
    Keseriusan harus ada saat menjalani magang. Misalnya, bila tak ingin dicap sebagai tenaga magang yang kurang serius, jangan sering melakukan browsing meski akses internet di tempat kerja gratis dan tak terbatas, dan jangan jadikan status karyawan magang sebagai alasan keterlambatan. Tunjukkan profesionalitas Anda dan sesuaikan diri dengan keadaan di tempat kerja.

  4. Tak segan bertanya
    Sebelum Anda "tersesat", tanyakan segala sesuatu yang belum dipahami mengenai pekerjaan Anda kepada rekan. Selain itu, mintalah feedback (masukan) dari atasan untuk mengetahui kekurangan dan kelebihan diri dalam bekerja. Simak saran dari mereka dan jangan lupa ucapkan terima kasih atas bantuan yang diterima dalam bentuk saran atau apapun.

    Demikianlah tips dalam Memaksimalkan Masa Magang Anda. 

    Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment