Thursday, April 19, 2012

Solusi Overheat pada Honda Vario Techno PGM-FI 125


Balik lagi di Tips & Trik Artikel Otomotif. :)

Kali ini penulis ingin berbagi pengetahuan tentang banyaknya kasus Overheat yang terjadi pada Motor matic terbaru Honda Vario Techno yang baru saja di launch.

Kebetulan Mas Agus sudah pernah tertimpa kejadian seperti ini, bahkan banyak juga user penunggang Vario Techno ini pun mengalami hal serupa.

Makanya, yuk langsung aja disimak!

“Jujur, Pertama kali mencoba menaiki motor ini terasa sangat mantap”, ujar bro Agus. Dengan body yang sedemikian besar dan kokoh. Untuk mencobanya, Ia menaiki dengan membawa anak dan seorang pembonceng. Dengan beban yang kurang lebih mendekati 200Kg, mengendarai Vario ini terasa nyaman, jalanan yg tidak rata pun dapat dilibas dengan baik.

Namun demikian, ketika perjalanan semakin jauh dan waktu tempuh semakin panjang, tiba tiba indikator overheat menyala. Tentu sangat mengherankan, bagaimana produk yg baru di launching dan baru saja dinaiki tiba tiba indikator overheat menyala?

Mensikapi kejadian ini bro Agus mencoba untuk menghentikan kendaraan dan mendinginkan mesin selama kurang lebih 5 menit. Sambil menunggu, Ia mencoba untuk melihat posisi air radiator pada tabung cadangan dan ternyata masih ada di level aman. Lalu kenapa overheat bisa terjadi?

Setelah didiamkan beberapa saat, motor dinyalakan kembali dan indikator overheat sudah tidak menyala. Solusi ini tentu sifatnya sementara karena sedang ada diperjalanan dengan sedikit peralatan pendukung.

Tentu akan sangat tidak nyaman jika kita berkendara kemudian sebentar sebentar harus berhenti untuk mendinginkan mesin. Apa sebetulnya yang telah terjadi. Meskipun belum sepenuhnya terjawab, setidaknya ada sedikit rangkuman untuk menyelesaikan masalah ini.

Langkah langkah solusi overheat pada Vario Techno PGM-FI 125:
  1. Ketika mesin dalam kondisi dingin, buka baut penutup pada cover radiator (dilepas juga covernya).
  2. Membuka tutup radiator.
  3. Melihat didalam radiator seberapa banyak coolant radiator yang masih ada. Secara bersamaan, akan terjadi aliran coolant radiator yg berasal dari tabung cadangan yg akan masuk kedalam radiator.
  4. Menambahkan coolant radiator pada radiator sampai penuh (gunakan produk yg sama rekomendasi dari AHM.
  5. Menyalakan mesin dengan tidak menutup radiator. Ketika mesin menyala akan terjadi pengurangan pada coolant radiator, tambahkan lagi sehingga penuh. Lakukan hal ini selama 2 atau 3 kali dengan kondisi mesin dinyalakan dan dimatikan.
  6. Setelah coolant radiator penuh, pasang penutup radiator.
  7. Kemudian isi tabung cadangan dengan coolant radiator pada level aman.
  8. Jalankan mesin seperti biasa.
Mohon untuk diperhatikan, Apabila lampu indikator overheat menyala, jangan dipaksakan untuk menjalankan kendaraaan. Kalau hal ini dipaksakan, bisa dipastikan akan terjadi masalah yg lebih parah (mesin akan melenting dll).

Semoga bermanfaat

13 comments:

  1. Very helpful information, Thank sob sharingnya.. Happy blogging.

    ReplyDelete
  2. sebenernya itu juga menandakan kalo kita juga harus istirahat dalam perjalanan jauh karena itu perlu,biar kondisi qt fit lagi. dan motor jg bs fit lagi. cari aman lah... jangan di paksakan.

    semua kendaraan yg keluar dari pabrikan itu udh di setting sedemikian rupa untuk kenyamanan si pengendaranya juga. jd g masalah lah kalo harus berhrnti juga... toh buat keselamatan qt juga qo.. heheehe

    yaa tanks jg infonya...

    ReplyDelete
  3. wah, sangat membantu sekali gan.. Kebetulan ane baru tadi sore beli si semok.. Lumayan dapet ilmu baru, hehehe

    ReplyDelete
  4. kalo ngisi air radiatornya telalu banyak , alias melebihi batas upper , apakah akan bermasalah ? Mohon jawabannya

    ReplyDelete
  5. saya sedikit ragu, soalnya saya pengguna vario 125 pernah touring bersama klub vario 125 ke bandung, tidak bermasalah overheat, kita berhenti setiap 2 jam sekali selama setengah jam untuk menghindari kelelahan dan ngantuk...

    bahkan setiap sebulan sekali kita pasti adakan fun riding ke puncak, ke bogor dan tempat2 wisata luar kota.

    silakan bergabung dengan HVRC jakarta

    see u and salam one heart

    ReplyDelete
  6. ngak kuat nanjak ketipu gw

    ReplyDelete
  7. Semua itu dikembalikan karakter rider nya, kalo rider nya ga punya feel yg kuat motor nya, pasti ngomel 2 melulu. Motor itu kaya istri sendiri, so feel it being one heart.

    ReplyDelete
  8. Vario 125 F1 gw coba keliling Lone Drive (dtemenin bokin sih) : Kalibata - Bogor - Cibadak - Pelabuhan Ratu - Sawarna - Bayah - Malimping - Rangkas - Tanjung Lesung - Anyer - Banten - Tangerang - Cileduk - Kalibata. Sekalian tes mesin & body (km baru posisi +/- 500). Cuma Velg belakang (Ban STD) DOWER kena 5 lubang. Ga ada masalah. Tergantung masing" cara riding sih..

    ReplyDelete
  9. harga honda mobilio 2014April 5, 2014 at 9:36 AM

    Jangan berhenti untuk terus berkarya, semoga kesuksesan senantiasa menyertai kita semua.
    keep update!Harga Honda mobilio 2014

    ReplyDelete
  10. air radiator udah di ganti
    tp kok lampu overheat masih menyala gan
    gimana tu solusinya, masak gk bisa di buat jalan....?

    ReplyDelete
    Replies
    1. punyku udh bongkr mesin juga 3 hri damai trs overhead lgy

      Delete
  11. Habis servis total di ahas, kok malah lampu overheatnya nyala terus. Udh 3x bolak balik ahas krn masih garansi servisnya. Tetep aja masih nyala. Ada solusi???

    ReplyDelete