Thursday, January 5, 2012

Memilih Buku Berkualitas

Mengunjungi toko buku untuk mendapatkan buku berkualitas adalah tujuan hampir semua orang. Namun, kenyataannya, menentukan buku yang baik apalagi berkualitas bukanlah perkara mudah. Banyak yang tertarik hanya dari desain sampul atau dari komentar orang ternama di sampul belakang buku. Jadikan aktivitas membeli buku Anda lebih efektif dengan mendapatkan buku yang bermanfaat.
  • Sampul bukan penAnda kualitas
Kemajuan dalam desain grafis sekarang ini memungkinkan setiap buku mempunyai desain sampul yang menarik. Namun, seperti pepatah lama, 'don't judge a book by its cover', kualitas sebuah buku tak bisa semata-mata dinilai dari sampulnya saja. Buku non fiksi berjenis pengembangan diri, misalnya. Banyak dari jenis buku ini yang sampulnya tak semenarik buku fiksi remaja, namun isi tulisan di dalamnya lebih bermanfaat bagi pembaca.
  • Lihat penerbitnya
Memang terdengar klise. Tapi, buku-buku dari penerbit ternama biasanya berhasil terbit setelah hasil penyaringan yang ketat karena banyak penulis yang mengantre untuk mendapatkan kesempatan memasarkan buku melalui penerbit ternama. Maka, bisa disimpulkan, kualitas bukunya pun lebih baik dari penerbit baru yang belum diketahui reputasinya.
  • Kualitas terjemahan
Khusus untuk buku terjemahan (buku yang berasal dari luar negeri), pastikan kualitas bahasa yang ditampilkan menyamankan Anda saat membacanya. Sangat sulit menyerap isi buku bila Anda sulit memahami pesan yang terkandung di dalamnya karena kualitas terjemahan yang kurang baik.
  • Minta rekomendasi
Tak ada yang lebih efektif dari memilih buku berdasarkan rekomendasi. Dapatkan informasi mengenai buku laris atau buku berkualitas dari berbagai sumber, terutama orang terdekat yang memiliki selera bacaan yang sama dengan Anda. Selera bacaan penjadi penting karena bisa jadi sebuah buku yang menarik bagi orang lain justru terasa membosankan bagi Anda. (mega)

No comments:

Post a Comment