Thursday, January 5, 2012

Renang Dan Manfaatnya Untuk Bayi

Karena perlengkapan renang untuk bayi semakin mudah didapatkan, banyak para orang tua yang memutuskan untuk mengenalkan olah raga renang sejak dini, bahkan sebelum mencapai usia 1 tahun. Manfaat renang untuk bayi sebenarnya lebih dari sekedar untuk bermain dan bersenang-senang. Ketahui manfaat renang bagi bayi, beserta hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum melakukannya.
Beberapa manfaat renang bagi bayi adalah, yang pertama, dapat merangsang pertumbuhan otot motorik. Karena, gerakan renang melibatkan aktivitas saraf motorik yang terus bertumbuh dan berkembang bagi bayi. Kedua, renang juga dapat menumbuhkan kemandirian, keberanian, dan kepercayaan diri. Ketiga, menurut para peneliti, bila dilakukan secara terus menerus, renang dapat meningkatkan kecerdasan, kewaspadaan, dan konsentrasi. Hal-hal tersebut belum termasuk efek sosial yang ditimbulkan bagi jiwa si bayi, misalnya kemampuan beradaptasi dan bersosialisasi.
Namun, ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat mengajak bayi berenang. Pertama, perhatikan kebersihan kolam renang, termasuk kejernihan airnya. Kedua, utamakan kenyamanan bayi. Jangan memilih kolam yang penuh dengan pengunjung. Ketiga, pastikan memilih kolam anak karena lebih dangkal dan airnya tidak dingin. Keempat, gunakan pelampung khusus bayi (neck ring) dan jangan mencelupkan kepalanya ke dalam air. Kelima segera angkat si bayi dari kolam bila warna tangannya telah berubah putih dan keriput. Akhirnya, siapkan minyak telon dan baju berbahan hangat untuk mengatasi rasa dinginnya setelah berenang. (mega)
Selamat berenang!

No comments:

Post a Comment

Post a Comment