Wednesday, January 18, 2012

3 Kesalahan dalam Manajemen Waktu

Waktu merupakan sumber daya yang tidak dapat diperbarui dan tidak ada cara untuk mengembalikannya. Setiap menit yang hilang adalah waktu yang sangat berharga. Maka sebaiknya Anda bisa memanfaatkan waktu dengan baik dan bijak untuk kepentingan Anda dan orang lain. Namun sangat disayangkan masih banyak orang yang sering membuat berbagai kesalahan dalam memanfaatkan dan mengatur waktu dengan baik tanpa disadari.

Bagi Anda yang sibuk, waktu 24 jam dalam sehari terasa kurang untuk menyelesaikan berbagai pekerjaan dan tugas-tugas Anda. Bahkan tak jarang Anda kerap terburu-buru untuk melakukan berbagai hal dan menyelesaikan tugas-tugas Anda.




Berikut beberapa kesalahan yang sering dilakukan banyak orang dalam mengatur waktu:

1. Menyimpan semua rencana di kepala.
Salah satu masalah utama yang dialami banyak orang adalah tidak memiliki daftar hal yang harus dilakukan atau to do list. Beberapa orang mengatakan, membuat daftar hal yang dilakukan menghabiskan waktu yang banyak, sehingga bagi mereka lebih baik untuk menyimpan semuanya dalam kepala. Semua hal akan banyak tertinggal, dan tidak terselesaikan jika kita tidak memiliki rencana tertulis. Karena tidak semua otak kita mampu menampung ingatan yang banyak dan terkadang mendadak. Sebuah daftar akan membantu Anda melacak hal-hal penting dan melakukan semua tugas Anda dengan baik dan tepat.

2. Mencoba menyelesaikannya sendiri.
Kebanyakan orang terutama perempuan kadang berpikir untuk menyelesaikan semua hal sendiri. Dengan melakukan seorang diri, Anda menganggap pekerjaan akan lebih cepat selesai. Hal ini tidaklah salah untuk mencoba menjadi mandiri dan tidak bergantung pada orang lain. Namun tak ada salahnya untuk meminta bantuan kepada orang lain untuk bisa membuat pekerjaan Anda selesai lebih cepat. Tak ada salahnya untuk mencoba mempercayai kemampuan orang lain untuk meringankan semua pekerjaan Anda.

3. Menganggap semuanya penting.
Ketika terburu-buru, Anda cenderung menganggap semua hal menjadi penting. Dan jika dalam kenyataannya semua hal ini begitu penting dalam daftar Anda, tetapkanlah prioritas dalam pekerjaan Anda. Untuk menentukan prioritas, berilah batas waktu untuk menyelesaikan tugas ini, dan bagaimana cara menyelesaikannya. Dengan menentukan prioritas pekerjaan, Anda tak membuang-buang waktu. (gondlong)

No comments:

Post a Comment