Wednesday, January 11, 2012

Panorama Raja Ampat

Kalau Anda belum terpuaskan oleh keindahan pulau-pulau wisata ternama, seperti Bali dan Lombok, Raja Ampat adalah tujuan yang sangat tepat. Terletak di pulau paling timur Indonesia, kepulauan Raja Ampat telah berhasil "menyihir" wisatawan asing yang cinta akan biota laut dan pantai untuk jauh-jauh datang ke tempat ini. Ulasan singkat berikut akan membuat mata Anda terbuka dan mengubah tujuan perjalanan wisata Anda menuju kepulauan cantik ini.
Sejak tahun 2003, Raja Ampat (dalam bahasa Indonesia berarti "empat raja") terpecah dari kabupaten Sorong, Papua, dan menjadi daerah administratif yang terpisah dari kabupaten-kabupaten lain. Dalam kepulauan Raja Ampat, ada 4 pulau besar dan ratusan pulau kecil, dengan total luas daratan hanya 6.000 km2 dan lautan mencapai 40.000km2. Kumpulan pulau tersebut berada di area yang dikenal sebagai "kepala burung" pulau Papua. Sebanyak 31.000 jiwa menghuni hanya 35 pulau, sementara ratusan pulau lain masih tak berpenghuni. Inilah yang membuat wisatawan mancanegara semakin jatuh hati pada Raja Ampat.
Objek wisata Raja Ampat dinilai sebagai salah satu tempat dengan terumbu karang terlengkap di dunia. Bayangkan saja, 75 persen dari 537 jenis karang dunia berada di perairan ini. Selain itu, ada 1.104 jenis ikan, 669 jenis moluska (hewan lunak), dan 537 jenis hewan karang di Raja Ampat.
Sayangnya, biaya perjalanan wisata ke Raja Ampat masih relatif mahal. Namun, bila mengingat keindahan dan keunikan Raja Ampat yang tak bisa ditemukan di tempat lain, rasanya tak berlebihan bila Anda menabung sedikit lebih banyak untuk menjangkau dan menikmatinya. Jadikan Raja Ampat sebagai tujuan perjalanan wisata Anda selanjutnya.

No comments:

Post a Comment