Friday, January 20, 2012

Tips Amankan Ponsel Android Dari Virus

Anda pasti banyak yang mencari informasi lowongan pekerjaan dan informasi lainnya yang Anda butuhkan melalui smartphone. Informasi tersebut bisa dicari dengan bantuan Google. Tapi hati-hati saat mengunduh aplikasi atau informasi. Sebab, ancaman virus selalu mengancam. Jangan sampai lengah hanya gara-gara mengikuti link sesat. Salah-salah ponsel pintar berbasis Android bisa error (hang).



Awal tahun ini sudah terdeteksi tiga installer palsu untuk update aplikasi smartpone Android, yakni Androidos_ADSMS.A, Androidos_Dordrael.l, dan Androidos_crusewin.A.
Ada juga malware terbaru, namanya Droid Dream Light (DDLight). Yang ini telah berhasil mengecoh 30.000 – 120.000 pengguna Android.

Lalu, bagaimana cara agar mengamankan ponsel Android?
Simak lima tips dari Trend Micro ini:

1. Manfaatkan standar fitur keamanan di ponsel Androidmu
Masuklah ke menu > Setting, lalu Pilih > Location & Security > dan masukkan data seperti no PIN dan Password untuk mengunci ponsel. Hal ini bermanfaat untuk mengamankan data-data pribadi saat ponsel hilang secara fisik.

2. Jangan pilih seting Auto Connect untuk Wi-Fi
Masuklah ke dalam menu > Wireless & Network, lalu pilih > WiFi Setting, nonaktifkan fungsi Auto Connect untuk Wi-Fi, apalagi jika Anda memakai Internet banking.

3. Hindari mengunduh dan install aplikasi selain dari Android Market
Agar terhindar dari Trojan Android, instal hanya aplikasi yang ada di Android Market. Baru-baru ditemukan Trojan Android dari sebuah penyedia layanan aplikasi pihak ketiga di Cina.



4. Hati-hati saat sebuah aplikasi meminta ijin untuk membuka akses data pribadi
Jika aplikasi yang diinstal meminta ijin untuk membuka beberapa data, pastikan Anda tidak memberikan ijin akses untuk masuk ke data pribadi, seperti list kontak telepon.

5. Gunakan aplikasi keamanan khusus ponsel Androidmu
Selain waspada saat menginstal dan membuka link tertentu, Anda disarankan untuk juga menginstal aplikasi keamanan untuk ponsel. Trend Micro Mobile Security for Android misalnya, bukan saja mengamankan password Anda,tapi juga semua data transaksi mobile banking Anda.

Source: bangka.tribunnews.com

No comments:

Post a Comment