Thursday, January 5, 2012

Cinderamata Khas Indonesia: Batik

Batik merupakan salah satu cinderamata (souvenir) yang bisa dibeli para wisatawan karena sangat mencirikan indonesia. Pengakuan sebagai world heritage yang didapatkan dari Unesco di tahun 2009 mempengaruhi produksi batik itu sendiri, dan menjadikan produknya lebih beragam.
Dahulu, kita hanya menemui batik sebagai pakaian, terutama digunakan untuk acara resmi seperti pernikahan. Sedangkan, sekarang ini, batik bisa ditemui dalam berbagai bentuk, dari pakaian hingga tas, dari souvenir pernikahan hingga sepatu. Maraknya produk batik meningkatkan kesejahteraan pengrajin batik di Indonesia dan secara tak langsung meningkatkan perekonomian masyarakat pada umumnya.
Sebagai cinderamata, batik diharapkan dapat lebih berkualitas karena banyak wisatawan asing yang membawa produk batik ke negaranya masing-masing. Dan tentunya, peningkatan kualitas juga diperuntukkan bagi konsumen lokal yang setia menjadi penggemar, pembeli, dan pemakai batik selama ini. Jadi, tunggu apa lagi? Tunjukkan kebanggaan Anda terhadap produk dan identitas lokal dengan mencintai batik sebagai bagian dari gaya hidup Anda. (mega)
 

No comments:

Post a Comment