Monday, January 30, 2012

Tips Menghilangkan Stres di Tempat Kerja


Menurut Anwar (1993:93) Stres kerja adalah suatu perasaan yang menekan atau rasa tertekan yang dialami karyawan dalam menghadapi pekerjaannya.
Pekerjaan yang menumpuk dan monoton dapat menyebabkan stres dan Anda akan merasa terputar-putar hingga nyaris hilang orientasi. Kondisi seperti ini bisa jadi nyaris seperti makanan sehari-hari bagi pekerja seperti Anda. Namun Anda toh tidak bisa lari dari situ.



Berikut ini Tips cerdik mengurangi stres di tempat kerja:

1. Catat setiap item pekerjaan dan urutkan pekerjaan tersebut dari yang paling dekat deadline sampai yang paling jauh.

2. Buat tahapan yang harus disiapkan dari setiap pekerjaan, misal pekerjaan bikin surat, berarti urutannya harus mencari isi surat, konsep, nama dan alamat yang dituju, dan sebagainya.

3. Lalu kelompokkan pekerjaan yang due time-nya dekat.

4. Dari jenis pekerjaan yang due time-nya dekat, beri tanda pekerjaan yang paling mudah dan paling sulit.

5. Apabila Anda merasa letih atau penat, buatlah secangkir kopi atau minumlah segelas air putih. Pergilah ke toilet untuk menenangkan pikiran. Pekerjaan sebanyak apapun, jika tahapannya jelas akan sangat menurunkan tingkat stres.

8. Kembalilah ke meja Anda 10 menit kemudian. Maka pikiran Anda sudah lebih jernih dan Anda sudah bisa mulai bekerja dengan tenang dan riang.

9. Gunakan semaksimal mungkin waktu libur Anda dengan berekreasi ke tempat-tempat hiburan agar fikiran Anda tenang dan rileks.

Kurangi stres kerja saat ini juga dan anggaplah bekerja itu sama dengan reksreasi.
Semangat!

Info Lainnya : tips & trik menarik, lowongan pekerjaan, lowongan it

No comments:

Post a Comment