Monday, April 2, 2012

Menyemangati Rekan Anda Dengan 4 Langkah Mudah

Beban kerja dan masalah memungkinkan siapa saja merasa tidak bersemangat dan putus asa. Sebagai rekan yang baik, alangkah baiknya bila Anda menunjukkan perhatian dan memberikan semangat bagi rekan yang sedang mengalami situasi ini. Karena, membagi semangat tak akan mengurangi semangat Anda sendiri, dan hanya perlu ikuti beberapa tips sederhana untuk melakukannya.

  1. Tunjukkan kepedulian
Menunjukkan kepedulian adalah cara paling efektif yang bisa dilakukan agar rekan Anda tak merasa sendirian dalam keterpurukannya. Tanyakan langsung apa yang sedang ia rasakan dan tawarkan apakah ia butuh seseorang untuk mendengarkan ceritanya, atau apakah ia butuh bantuan.

  1. Ucapkan “selamat”
Bila rekan Anda telah berhasil melampaui target penjualan, tunjukkan kepedulian Anda dengan mengucapkan “selamat!”. Meski hanya satu kata, memberi selamat memiliki makna yang besar karena Anda telah menghargai hasil jerih payah seseorang yang ia raih dengan proses tak mudah.

  1. Menghargai dengan ber"terima kasih"
Pekerjaan terakhir Anda yang dikejar deadline dapat terselesaikan karena bantuan rekan? Jangan lupa mengucapkan "terima kasih". Ini adalah tindakan resiprok alias timbal balik sebagai balas atas jasa baik rekan Anda. Begitupun sebaliknya, rekan kerja harus menghargai perbuatan baik Anda bila suatu saat pekerjaannya terbantu oleh Anda.

  1. Meminta saran
Setiap orang akan merasa lebih dihargai bila dimintai pendapat atau saran. Sesekali, mintalah saran dari rekan kerja atas sesuatu yang sulit Anda selesaikan atau sulit diputuskan sendiri. Permintaan saran menunjukkan adanya kepercayaan Anda terhadap rekan dan ia pun akan tak segan melakukan hal yang sama pada diri Anda bila sedang membutuhkan saran.

Semoga bermanfaat

No comments:

Post a Comment