Tuesday, April 24, 2012

Menemukan Teladan untuk Mengembangkan Diri


Mengapa menemukan sosok teladan (role model) adalah penting untuk Anda? Sederhana saja. Anda perlu sosok yang menjadi acuan atas semangat dan cita-cita kesuksesan, dan yang tentu saja Anda kagumi. Mulailah pilih sosok teladan yang memacu Anda untuk berkembang, dan simak beberapa tips berikut ini.

    Berhenti membanding-bandingkan diri
    Berbeda dengan memiliki teladan, menemukan orang lain untuk dibandingkan dengan diri Anda cenderung berakhir dengan perasaan tak nyaman. Terlebih lagi apabila orang yang dibandingkan sebenarnya tidak begitu Anda kenali. Karena, bisa jadi, justru sebenarnya kualitas diri Anda lebih baik dari orang tersebut.

    Memiliki teladan dengan beberapa kualifikasi
    Carilah teladan yang Anda sukai berdasarkan beberapa kualifikasi; yaitu adanya prestasi penting yang dicapai orang tersebut, memiliki performa baik secara konsisten (dalam jangka panjang), dan memiliki karakter yang tak berbeda jauh dari Anda. Perlu diingat, menemukan teladan berkarakter mirip dengan Anda menjadi penting karena akan sulit meniru seorang teladan yang berprestasi namun dalam banyak hal dan prinsip berbeda jauh dari Anda.

    Lihat dan tiru
    Perhatikan hal-hal yang dilakukan teladan Anda. Apa saja yang membuatnya selalu semangat dan berhasil dalam setiap pekerjaannya di tempat kerja? Mengapa ia selalu bisa datang ke tempat kerja tepat waktu, meski tempat tinggalnya sangat jauh? Setelah memperhatikan, mulailah tiru hal-hal baik yang ia lakukan. Bila memungkinkan, atur standar kualitas Anda lebih tinggi dari yang teladan Anda lakukan.

Semoga Bermanfaat

No comments:

Post a Comment