Monday, April 2, 2012

Pertanyaan Yang Harus Dihindari Saat Interview

Seperti juga banyak pertanyaan yang kerap diajukan saat interview, ada pula sederet pertanyaan yang sepatutnya Anda hindari saat diberi kesempatan untuk bertanya pada pewawancara saat interview berlangsung. 

Apa saja pertanyaannya dan mengapa Anda harus menghindarinya?

  1. Kapan kira-kira saya bisa mendapatkan kenaikan gaji?
Kesan "rakus" akan tampak pada Anda dengan mengajukan pertanyaan ini. Maka, untuk tetap mengetahui sedikit gambaran tentang penghargaan perusahaan terhadap kerja keras Anda dalam bentuk uang, ajukanlah pertanyaan seperti "seberapa sering perusahaan melakukan penilaian terhadap pekerjaan karyawan?"

  1. Berapa lama biasanya karyawan mendapatkan promosi?
Fokuskan pertanyaan Anda seputar pekerjaan, karena interview adalah proses menuju didapatkan atau tidaknya sebuah posisi. Maka, jangan tanyakan hal ini saat interview berlangsung.

  1. Apa yang harus saya lakukan agar diterima bekerja?
Pihak SDM memang menyukai kandidat yang memiliki motivasi, tapi tidak dengan yang berlebihan, termasuk kandidat yang mengajukan pertanyaan seperti ini. Anda akan terkesan sangat mengiba untuk menjadi bagian dari sebuah perusahaan. Sebagai alternatif, tanyakan pertanyaan seperti "Kapan kira-kira keputusan hasil interview akan saya dapatkan?".

  1. Berapa lama saya harus bekerja sebelum mendapatkan cuti?
Hindari pertanyaan ini bila tak ingin pewawancara menilai Anda lebih tertarik pada liburan dan bersenang-senang daripada posisi yang ditawarkan. Ingatlah selalu, interview adalah proses untuk mendapatkan pekerjaan. Maka, pertanyaan mengenai hal lain yang tak terkait langsung dengan hal tersebut sebaiknya disimpan sampai waktu yang tepat untuk diajukan.

Semoga bermanfaat

No comments:

Post a Comment