Wednesday, April 18, 2012

Komparasi Soul GT dan Soul Lama


Hari Sabtu, 7 April lalu Yamaha Indonesia mengajak puluhan jurnalis untuk menjajal produk terbarunya yaitu Soul GT di Sirkuit Gokart, Sentul, Bogor, Jawa Barat.
wartawan KompasOtomotif berkesempatan menjajal sensasi skutik terbaru Yamaha dengan tagline "Keren, Lincah, Irit" seharga Rp13,9 juta itu.

Komparasi dengan Soul Lama
PT. YMKI menurunkan 14 unit motor Soul GT untuk di uji.
Proses uji coba ini terbagi dalam dua sesi. Sesi pertama para wartawan menjajal performa Soul lawas dan yang kedua dengan Soul GT. Dengan cara ini wartawan bisa langsung merasakan perbedaannya. Setiap jurnalis diberikan kesempatan maksimal dua lap mengitari sirkuit kecil Sentul tersebut.

Setelah menunggu beberapa saat, giliran wartawan KompasOtomotif mengendarai Soul GT. Sebelumnya, sudah diberi kesempatan mencoba Soul lama.

Putar kunci, tekan tuas rem depan dan tekan tombol starter. Mesin langsung menyala, sangat halus karena menggunakan teknologi YMJet-FI bersistem injeksi untuk mengabutkan dan memasuk bensin ke ruang bakar ketimbang Soul lama yang masih menggunakan karburator vakum.

Sebelum masuk ke lintasan sirkuit, lebih dahulu harus bermanuver melewati jejeran kon (kerucut). Soul GT bergerak dengan mudah saat diajak bermanuver, meliuk-liuk di antara kon yang sempit. Tubuh seorang wartawan
KompasOtomotif yang tambun membuat ujung setang beberapa kali menyentuh lutut waktu belok patah.

Lebih halus
Di sirkuit, grip gas langsung diputar mencapai kecepatan 50 kpj pada speedometer. Masuk ke tikungan kanan pertama, Soul GT enak dikendalikan pada kecepatan sedang. "Karena getarannya lebih halus, lebih pede (percaya diri) mengajaknya menikung," ujar Wahyu Sibarani, salah satu jurnalis harian nasional.

Selanjutnya gas dibuka lebih besar. Akselerasi Motor Matic Soul GT ternytata tak terpaut jauh dari model lawas. Namun untuk pengendalian (handling), dirasakan perbedaan cukup besar. Beberapa tikungan tajam dilahap dengan mudah.

Meski cuma mendapat kesempatan 5 menit, disimpulkan, Soul GT unggul untuk performa mesin dan kelincahan. Posisi duduk pengendara juga lebih ergonomis sehingga cocok untuk komuter dengan perjalanan menengah.

Yamaha Soul GT cukup kompetitif dan menjadi alternatif baru, khususnya pria macho!


No comments:

Post a Comment