Tuesday, February 14, 2012

Mencari Karir Bagi Lulusan Baru


Seorang yang baru saja lulus dari masa kuliahnya akan menghadapi kekhawatiran baru yaitu mendapatkan pekerjaan. Terlebih lagi, persaingan semakin ketat dengan bertambahnya lulusan universitas dan terbatasnya lapangan pekerjaan. Untuk menghadapi situasi ini, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan, yaitu:
  1. Persiapkan resume dan lamaran sebaik mungkin
Beda jenis pekerjaan, beda pula bentuk resumenya. Ketahui perbedaan ini. Bila perlu, tanyakan kepada orang yang telah ahli mengenai masalah ini. Setelah berhasil membuatnya, pastikan resume dan surat lamaran dibaca orang lain yang memiliki ketelitian tinggi. Ini dilakukan agar resume dan lamaran bebas kesalahan ketik (typo).
  1. Bangun jejaring
Tak hanya secara virtual, alias jejaring sosial (social network), jejaring dapat dibangun secara nyata dengan teman kuliah, bahkan dengan dosen. Tak menutup kemungkinan dosen yang paling Anda hindari justru yang memiliki banyak informasi dan link ke pekerjaan impian.
  1. Sabar dan gigih
Selalu dibutuhkan proses untuk mendapatkan sesuatu, termasuk karir yang diinginkan. Maka, usahakan untuk terus memantau job posting yang dikirim ke email Anda dari situs penyedia kerja langganan Anda. Pilih lowongan yang diminati dan lakukan apply (pengiriman lamaran) secara instan. Jangan malas juga untuk melakukan 'research' kecil-kecilan pada perusahaan yang Anda inginkan untuk mengetahui informasi lowongan mereka.
  1. Persiapkan wawancara kerja
Interview alias wawancara kerja mungkin terasa sangat menegangkan bagi para lulusan baru. Karena itulah, hadapi interview sebagai suatu langkah perusahaan untuk mengetahui Anda lebih dekat, bukan sebuah bentuk interogasi yang menakutkan Anda. Ketahui apa saja pertanyaan-pertanyaan umum interview dan berlatihlah menjawab pertanyaan tersebut sebelum menjalani wawancara kerja.
(mps)

No comments:

Post a Comment