Monday, April 9, 2012

Tips Memotivasi Diri Sendiri


Sering merasa tak bersemangat, jenuh dan mudah stres? Situasi kantor, rumah, dan di mana pun Anda berada memang tidak diciptakan untuk selalu sesuai keinginan Anda. Untuk mengatasinya, hanya satu kata yang mungkin Anda butuhkan. Motivasi. Berikut beberapa langkah sederhana untuk memotivasi diri sendiri.

  1. Memiliki penyebab
    Adanya motivasi diri muncul karena satu atau beberapa penyebab, yang kemudian mendorong Anda untuk melakukan sesuatu yang baru atau mempertahankan sesuatu yang Anda miliki sekarang. Entah itu sebab personal (seperti ingin memperoleh kesuksesan) atau sebab dari luar (seperti dari keluarga), temukan sebab tersebut.
  2. Memiliki mimpi besar
    Sebab yang Anda miliki belumlah kuat sampai sebuah mimpi Anda punyai. Jangan pernah takut untuk memiliki cita-cita dan mimpi, karena seperti kata penulis serial fiksi Narnia, C. S. Lewis, “Anda tak akan terlalu tua untuk memiliki cita-cita baru dan memimpikan mimpi yang baru”.
  3. Merasa “lapar”
    Dalam konteks ini, “lapar” adalah menginginkan sesuatu dengan sangat. Karena, untuk menjadi benar-benar termotivasi, rasa “ingin” saja tidaklah cukup. Penting bagi Anda untuk juga merasa “lapar” dan sangat ingin mewujudkan suatu mimpi besar yang muncul karena sesuatu sebab.
  4. Berhenti membanding-bandingkan diri
    Setiap manusia diciptakan berbeda dengan keistimewaannya masing-masing. Jadi, berhentilah membandingkan diri sendiri dengan orang lain karena hasilnya selalu tak akan memuaskan dan menjauhkan Anda dari motivasi diri yang telah susah payah dibangun.
  5. Selangkah lebih maju
    Yang membedakan pemenang dengan pecundang adalah bagaimana mereka menghadapi rintangan. Seorang pemenang akan terus berusaha melanjutkan usaha yang telah ia mulai di tengah berbagai hambatan. Maka, tanamkan dalam pikiran bahwa Anda bisa maju selangkah dan selangkah lagi sementara orang lain mungkin sudah berhenti.

Semoga bermanfaat

No comments:

Post a Comment