Monday, April 9, 2012

Pentingnya SEO dalam sebuah web


SEO atau singkatan dari Search Engine Optimization adalah suatu proses untuk meningkatkan peringkat website di mesin pencari (search engine) dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma yang dimiliki search engine tersebut. Tujuan dari SEO adalah menempatkan sebuah situs web pada posisi teratas di search engine berdasarkan kata kunci (keyword) tertentu yang ditargetkan. Karena logikanya, situs web yang berada di posisi teratas pada hasil pencarian memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pengunjung.

Search engine adalah generasi berikutnya dari buku telepon. Jika Anda sedang mencari sesuatu di search engine, Anda pasti akan melakukan klik pada beberapa situs yang pertama muncul di Google atau yahoo dan Anda akan menemukan apa yang Anda inginkan di sana.

Mengapa SEO itu begitu penting?
Karena jika halaman web Anda tidak memiliki peringkat yang tinggi di search engine, maka kecil kemungkinannya halaman web anda ditemukan oleh surfer.

Tidak sedikit orang yang menghabiskan banyak biaya untuk mendesain sebuah situs web yang mewah tanpa memikirkan proses SEO dan kerap menyesal karena tidak mendapatkan banyak pengunjung yang melihat web buatan mereka. Dibandingkan dengan sebuah situs sederhana yang selalu muncul pada halaman pertama dari permintaan search engine tentu jauh lebih baik daripada sebuah situs mewah yang berada di halaman 27 search engine.

Bagaimana search engine memungkinkan orang untuk menemukan sebuah halaman di world wide web?
Ketika surfers memasukkan kata kunci di search engine seperti Google atau yahoo akan menampilkan halaman yang cocok dengan kata kunci tersebut. Hal penting yang harus dipahami adalah bahwa kebanyakan orang akan melakukan klik pada link yang ada di halaman yahoo atau Google yang PERTAMA. Apalagi jika mereka berniat untuk mecari sebuah informasi atau membeli sesuatu di halaman tersebut.

Contohnya jika Anda memasukkan kata kunci “lowongan” di mesin pencari seperti Google, maka Anda akan menemukan situs http://www.karir.com pada halaman pertama search engine dan kemungkinan besar para pencari kerja yang membutuhkan info lowongan pekerjaan akan melakukan klik pada link tersebut.

Maka, jika Anda ingin membuat sebuah website atau ingin membangun kembali website yang telah ada, jangan lupakan proses SEO.

Semoga bermanfaat

No comments:

Post a Comment