Secara
umum cara merawat motor
matik sama dengan merawat motor lainnya. Hanya saja terdapat
beberapa penambahan pada item V Belt-nya saja yang menjadi
ciri khas dari motor matik ini. Lakukan cara merawatnya dengan benar
agar kondisi motor matik Anda tetap prima dan terhindar dari
kerusakan yang serius. Karena jika terjadi kerusakan yang serius maka
akan memakan biaya yang tidak sedikit. Jadi rawatlah motor Anda
sesuai prosedur yang benar.
Berikut
cara merawat motor matik yang perlu anda ketahui :
- Lakukan servis umum rutin 2 bulan sekali, cek karburator, cek busi, buka filter udara dan cek rantai.
- Perhatikan V Belt (letaknya disamping roda) diganti tiap 25.000 km dan diservis tiap 10.000 km.
- Oli mesin sangat penting peranannya untuk melumas komponen-komponen mesin. Ganti oli tiap 2.000 km, jangan menanti minyak pelumas berwarna kehitam-hitaman karena mempengaruhi kelenturan daya tarik mesin.
- Servis karburator tiap 3 bulan sekali.
- Tiap 15.000 km klep wajib dibersihkan agar mesin dalam kondisi bagus dan motor tidak ngadat atau mogok, biasanya kotoran sering mengganjal di klep.
- Sebaiknya servis motor di bengkel resmi, jika ada kerusakan lebih mudah ditangani.
- Panaskan mesin sebelum motor dijalankan, hidupkan mesin dengan menarik cuk dan gunakan starter kaki. Biarkan mesin hidup sekitar 5 menit supaya sirkulasi oli bisa melumasi seluruh bagian dalam mesin yang bergerak. Kemudian kembalikan letak cuk dan motor siap digunakan.
- Periksa tekanan angin ban, jangan terlalu keras dan juga jangan kurang angin.
- Gunakan selalu spare part asli. Lebih baik mahal sedikit tetapi puas dan tahan lama daripada memakai yang tidak asli meski murah tetapi tidak tahan lama.
Mudah
bukan, apabila kita mentaati tips diatas, maka kendaraan kita akan
selalu dalam kondisi
prima dan memiliki harga jual yang selalu tinggi.
Semoga
Bermanfaat.
Info
Lainnya : tips
otomotif, lowongan
teknik mesin, lowongan
pekerjaan
Tips nya sangat bermanfaat sob, Thank sharing nya.. Happy Blogging..
ReplyDeletemakasi infonya gan.. bermanfaat buat motor matic saya..
ReplyDeleteSingkat, jelas, padat dan berisi. Nice posting, sangat bermanfaat khususnya bagi saya yg punya motor matic. Thanks
ReplyDelete