Monday, March 19, 2012

Teknologi Terbaru ACG Starter

Motor-motor keluaran terbaru pabrikan Honda seperti Honda PCX dan Honda Vario 125i kini dilengkapi dengan teknologi ACG Starter untuk menghidupkan mesin dari keadaan idling stop. Ini adalah komponen yang terintegrasi dan terpasang langsung di ujung crankshaft (kruk as) yang berfungsi otomatis sebagai motor starter dan alternator. Teknologi terbaru ini menghasilkan bunyi yang halus dan senyap, bahkan tanpa suara pada saat menghidupkan mesin dan menghilangkan suara bising khas dari singgungan slidding gear dari motor starter konvensional dengan gear pada poros engkol.



Gambar diatas adalah penampang ACG starter dimana ada Flywheel yang berhubungan dengan gerakan piston dan Stator yang berisi kumparan.



Cara kerjanya terlihat pada gambar diatas, dimana Arus di alirkan ke stator yang berupa kumparan sehingga kumparan Stator akan berlaku sebagai Magnet Listrik (elektromagnet).

Flywheel juga punya Magnet yang menempel pada permukaan dalamnya. Saat Kumparan Stator berubah menjadi magnet (elektromagnet) maka dia akan bertemu dengan magnet flywheel. Magnet ketemu magnet akan menyebabkan pergerakan pada flywheel dan akan menggerakkan piston untuk menyalakan mesin

Kenapa bisa senyap?

Karena antara magnet flywheel dan stator sama sekali tidak bersentuhan.

Lalu apakah sistem ACG starter yang berpenampang besar dan kompleks seperti itu hanya berfungsi sebagai starter saja?

Jika mesin telah hidup maka ECU mengirimkan signal untuk memutus tegangan listrik ke Stator dan sekarang beralih fungsi dari starter menjadi Generator AC yang setelah melewati rectifier akan menjadi arus DC untuk mengisi baterai yang tadi digunakan listriknya untuk memutar ACG starter. Canggih bukan!

Saat ini motor bersistem Injeksi Bukan hanya bikin irit tapi juga Smart.
Mungkin saja kedepannya sistem ini akan diterapkan ke motor honda lainnya seperti Honda BeAT terbaru agar mudah dalam merawat motor matic ini.

Semoga Info Ini Bermanfaat


1 comment:

  1. mohon dimodifkan honda win saya, minta no hp biar bisa call.trimakasih

    ReplyDelete