Monday, February 20, 2012

Tips Agar Sukses Belajar dan Berkarir


Bila Anda ingin mengasah ilmu sekaligus berkarir, kembali ke bangku kuliah adalah pilihan tepat. Ketahui apa saja langkah agar sukses tak hanya Anda raih dalam pekerjaan, namun juga pendidikan.

1. Jurusan yang tepat
Ketahui minat Anda. Pilihan jurusan yang tepat dan sesuai minat membuat aktivitas belajar dan bekerja dijalani lebih ringan dan menyenangkan.

2. Atur rencana lulus
Pendidikan adalah investasi dengan keuntungan yang tak terbatas waktu. Namun, jangan lupa mengatur rencana kapan Anda harus menyelesaikan pendidikan, agar manisnya keuntungan dapat dirasakan, terutama untuk perkembangan karir.

3. Beritahu atasan
Beritahu atasan mengenai rencana pendidikan Anda. Lebih untung lagi bila atasan mendukung dan mengharapkan hasil baik dari pendidikan Anda, yang kelak ilmunya menguntungkan perusahaan.

4. Disiplin
Atur waktu, rencanakan apa saja kegiatan yang akan dilakukan per minggu, atau bahkan per hari. Pisahkan konsentrasi bekerja dengan kuliah. Dan, jangan panik bila ada rencana yang tak berjalan sesuai harapan.

Usahakan untuk selalu menjaga keseimbangan antara bekerja, kuliah, mengerjakan tugas, dan istirahat. Jangan lewatkan waktu istirahat karena itu justru akan mengurangi performa bekerja dan kualitas belajar Anda.

6. Sediakan quality time
Sesibuk apapun Anda, selalu ada kebutuhan akan keluarga dan interaksi sosial. Habiskan akhir pekan Anda dengan keluarga, atau bersantai dengan teman di tempat-tempat kesukaan Anda.

Semoga bermanfaat

1 comment: