Thursday, March 29, 2012

Tips Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Lingkungan, kondisi sosial, dan media informasi sering kali mempengaruhi seseorang untuk menjadi sosok yang baik dari segi apapun. Hal ini justru kerap menciutkan kepercayaan diri orang tersebut dan membuatnya merasa tak pernah cukup baik. Simak tips karir berikut yang bertema 4 langkah sederhana berikut ini untuk mengembalikan kepercayaan diri agar Anda mampu menjalani hidup dengan keyakinan penuh lagi.

1. Tak memusingkan penilaian orang lain.
Apapun pendapat orang mengenai hidup dan diri Anda, yang paling mengetahui dan bertanggung jawab atas hidup Anda adalah diri sendiri. Cobalah untuk tidak terlalu memikirkan komentar orang lain. Mempertimbangkan kritikan membangun dari orang lain memang baik, namun jangan lupa untuk tetap jalani hari-hari berdasarkan keputusan pribadi.
2. Temukan keunikan diri.
Setiap manusia dilahirkan berbeda dan karenanya memiliki keunikan masing-masing. Maka, bila Anda merasa tak bisa bernyanyi sebaik pemenang kontes idola di televisi, misalnya, temukan bakat Anda yang lain. Tanyakan kepada orang-orang terdekat tentang bakat terpendam ini untuk membantu Anda menemukan keunikan tersebut.
3. Berani berekspresi dan menjadi diri sendiri.
Keunikan yang Anda miliki akan semakin meningkatkan kepercayaan diri bila diikuti oleh keberanian berekspresi, termasuk mengungkapkan dan mempertahankan pendapat yang mungkin akan dinilai "tidak biasa" oleh orang lain. Dalam dunia karir, misalnya, bila Anda tak berminat bekerja sebagai staff perbankan, mengapa harus menerima tawaran di posisi tersebut karena pendapat teman?
4. Tak berlama-lama dalam kesedihan.
Bila pekerjaan Anda sekarang kerap membuat suasana hati (mood) berubah, kendalikan mood tersebut. Jangan biarkan Anda yang dikendalikan suasana hati sehingga terlalu sering merasa sedih (down) dan akhirnya menurunkan produktifitas kerja. Berbahagialah menjadi diri sendiri dengan segala hal baik yang sudah dimiliki.

Semoga bermanfaat

No comments:

Post a Comment