Thursday, March 29, 2012

Tips Membuat Pekerjaan Anda Menyenangkan

Ada banyak hal yang memicu seseorang tidak menyenangi dan menikmati pekerjaannya, entah itu karena diri sendiri yang tidak menerima kenyataan bahwa karirnya bukanlah yang dahulu ia cita-citakan, atau dari faktor luar, seperti lingkungan kantor yang tak nyaman.

Berikut beberapa hal sederhana yang bisa dilakukan untuk membuat pekerjaan Anda terasa menyenangkan.

Mengubah cara pandang

Dalam setiap hal yang tak menyenangkan di tempat kerja, lihatlah sisi positifnya. Misalnya, jadikan kritikan dari pimpinan motivasi untuk bekerja dengan konsentrasi lebih baik lagi, atau jadikan sikap tak ramah rekan kerja sebagai cermin bahwa Anda pun harus lebih banyak tersenyum pada orang tersebut.

Meriahkan meja kerja

Meja kerja yang dipenuhi tumpukan kertas, komputer, dan tempat alat tulis berdebu memang lambat laun akan membuat Anda mudah jenuh dan stres. Meriahkan meja kerja dengan sesuatu yang menarik mata Anda. Tempatkan sebuah foto dengan bingkai menarik, tempel post-it di pinggiran layar komputer dengan warna menyala, dan hiasi desktop komputer Anda dengan hasil gambar digital sendiri, dengan tema yang colorful atau kartun favorit semasa kecil.

Rencanakan kegiatan selepas kerja

Jangan biarkan rasa penat dan stres terus menguasai Anda setelah jam kerja berakhir. Sesekali, atur rencana untuk melakukan aktivitas yang menyenangkan agar Anda tak lagi punya waktu luang untuk terus berpikir negatif karena memikirkan persoalan tempat kerja. Jangan lupa ajak teman atau keluarga untuk ikut bersama.

Olah raga

Bike to Work, seperti yang telah dilakukan sebagian orang di perkotaan, adalah salah satu pilihan baik untuk mengajak tubuh Anda bergerak lebih banyak. Atau, bila malas bersaing dengan kendaraaan lain di jalan, melakukan jogging setelah bekerja juga tak kalah menyehatkan. Dengan berolahraga, Anda mengaktifkan sejenis zat di otak yang menciptakan perasaan baik (good mood). Selain itu, energi yang dihabiskan untuk berolahraga akan mengurangi rasa tegang di tubuh akibat stres.

Semoga bermanfaat

No comments:

Post a Comment