Thursday, March 1, 2012

Tips Sukses Menghadapi Job Fair


Job fair merupakan tempat yang sangat baik untuk membangun jaringan dan lahan pekerjaan. Tapi job fair berskala besar tentu terlalu ramai, kompetitif, dan membingungkan. Ratusan pengusaha dan ribuan pencari kerja akan berpartisipasi disana, sehingga mustahil bagi Anda untuk mengunjungi semua stan. Anda dapat dengan mudah kehilangan kesempatan pekerjaan ideal Anda ketika mencoba untuk masuk melalui kerumunan. Tetapi ada cara untuk membuat sebagian besar waktu Anda di ruang bursa kerja dan mengalahkan pesaing Anda secara adil.

* Jika penyelenggara job fair memiliki iklan di surat kabar atau situs web, carilah daftar perusahaan peserta yang paling menjanjikan untuk Anda sambangi. Baca profil pengusaha jika tersedia, untuk membantu Anda menjawab pertanyaan klasik, "Mengapa Anda ingin bekerja untuk kita?"
Semakin Anda tahu tentang masing-masing, tentu akan semakin baik.

* Rencanakan untuk men-drop setidaknya 25 resume ke bursa kerja. Format scannable mungkin cara terbaik dalam job fair, karena menampung sebagian besar perusahaan dengan cara mengajukan dan mendistribusikan resume Anda ke rekan-rekan mereka. Anda mungkin juga harus membawa beberapa resume berformat mewah dan menjual sebagai pilihan. Dan jangan lupa bawalah alat tulis.

* Sebelum bursa kerja berlangsung, persiapkan diri untuk wawancara di tempat, gaya ringkasan dalam beberapa menit atau kurang. Dengan kata lain, bersiaplah untuk segera menjual keterampilan, bakat dan pengalaman Anda.

* Persiapkan diri Anda untuk mengisi aplikasi pekerjaan di tempat. Kecuali jika Anda tidak diarahkan untuk itu, lakukan yang terbaik. Anda siap untuk mengalahkan pesaing Anda untuk itu.

* Tiba beberapa menit lebih awal pada bursa kerja, untuk proses pendaftaran dan merencanakan serangan Anda. Ambil peta stan jika tersedia, dan rute jalan Anda untuk pengusaha yang ditargetkan.

* Kunjungi perusahaan yang ditargetkan pertama kali dengan resume di tangan Anda, dan habiskan waktu berkualitas Anda disana. Tapi, ingat bahwa mereka memiliki banyak pencari kerja lain yang menunggu. Setelah Anda mencapai semua target Anda, kunjungilah stan perusahaan lain dan bangunlah jaringan disana.

* Ketika mengakhiri percakapan Anda dengan perusahaan, tunjukkan minat Anda dengan meminta mereka apa langkah berikutnya. Tanyakan apakah tidak apa-apa untuk mengirim surat tindak lanjut beberapa hari kedepan. Tetapi jika mereka mengatakan mereka akan menghubungi Anda, jangan berharap terlalu banyak.

* Ingatlah nama perusahaan yang telah Anda sambangi di bursa kerja, sehingga Anda tidak menyambanginya lagi di lain tempat dalam waktu dekat.

* Kumpulkan kartu nama atau kontak informasi saat Anda pergi, dan jangan menindaklanjuti dalam waktu 24-48 jam dengan surat ucapan terima kasih kepada setiap perwakilan dengan siapa Anda berbicara. Mematuhi ini mungkin akan membuat Anda menonjol dalam pikiran mereka, untuk membantu Anda mendapat wawancara lanjutan.

* Setelah itu, kunjung situs penyelenggara job fair secara berkala. Upload resume Anda jika Anda belum melakukannya. Jika penyelenggara job fair tidak menawarkan pilihan ini, kunjungi situs perusahaan yang Anda minati karena mungkin mereka membuka lowongan kerja terbaru. Tapi jangan membombardir dengan resume Anda, karena akan muncul anggapan bahwa Anda tidak terorganisir dan tidak mencatat. Satu riwayat hidup dalam tiga sampai enam bulan sudah cukup. Jika Anda ingin tahu apa yang terjadi dengan resume Anda atau jika Anda melihat posisi baru, mengirim surat tindak lanjut adalah gantinya. Perusahaan akan memberitahu Anda jika Anda harus mengirimkan resume Anda lagi.

Semoga bermanfaat

No comments:

Post a Comment