Monday, March 19, 2012

Memanfaatkan Jejaring Sosial Untuk Karir


https://www.facebook.com/karirdotcom
Perkembangan teknologi membuat banyak orang menjadikan jejaring sosial tak lagi hanya sebagai media eksistensi pribadi, tetapi juga tempat berbagi informasi dan kebutuhan, termasuk kebutuhan akan pekerjaan. Banyaknya pilihan jejaring sosial (social network) membuat Anda harus pandai mengelolanya, agar karir yang diinginkan berhasil Anda dapatkan. Berikut tips karir menggunakan jejaring sosial untuk meraih karir impian.

  1. Profil yang baik
Akan selalu ada kemungkinan profil Anda dilihat oleh para profesional. Maka, isilah data pribadi di jejaring sosial dengan informasi yang benar dan bahasa yang baik. Ekspresikan pribadi baik Anda dan hindari penjelasan tentang kekurangan karena akan merusak citra diri. Selain itu, pilihlah foto profil yang benar-benar merepresentasikan diri dan bukan foto artis idola atau tokoh kartun favorit Anda.

  1. Mencari rekan satu kegemaran
Isilah kolom kegemaran (interest) di jejaring sosial sesuai dengan hal-hal yang Anda senangi dan ketahui siapa saja orang yang memiliki ketertarikan pada bidang yang sama. Dapatkan nomor kontak atau email yang memudahkan Anda bertukar informasi dengan mereka. Setelah itu, jalin komunikasi baik yang berkelanjutan sehingga Anda diingat dan diberitahu ketika mereka memiliki informasi apapun yang berguna, termasuk lowongan kerja impian Anda.

  1. Bergabung dengan akun situs penyedia kerja
Situs-situs penyedia kerja, seperti karir.com, memiliki akun di jejaring sosial yang menyediakan informasi seputar lowongan kerja dan bursa kerja. Namun, dalam akun tersebut keterangan lowongan tidak diberikan secara lengkap, melainkan melalui link menuju homepage situs mereka. Jangan malas untuk membuka link yang diberikan. Selain itu, untuk mempermudah proses melamar kerja, bergabunglah dengan situs penyedia kerja dan buat resume Anda di sana.

Semoga bermanfaat

No comments:

Post a Comment