Setiap
jalan memiliki kualitas yang bervariasi. Ada jalan yang mulus,
bergelombang, bahkan berlubang-lubang. Jika kondisi cerah, tentu
mudah mengawasi jalan yang berlubang. Tapi bagaimana jika hujan lebat
yang disertai angin kencang? Buat bikers,
kondisi ini benar-benar layak diwaspadai.
Jika
hujan tiba-tiba mengguyur, perlu kewaspadaan handling.
Daya gigit ban dan aspal berkurang karena jalan licin. Di sini rider
harus mewaspadai beberapa bagian agar cengkraman roda terhadap aspal
tetap terjaga. Berikut beberapa poin penting yang wajib diwaspadai
terkait musim hujan.
ANGIN
KENCANG
Hujan
disertai angin kencang tidak saja bikin handling berkendara sulit.
"Tapi juga berbahaya jika ada pohon atau baliho yang rubuh."
Untuk
itu, penggunaan safety gear perlu diperhatikan. "jangan pakai
jas hujan ponco. Ketika angin kencang jasnya pada terbang ini
membahayahan. Begitu juga penggunaan beberapa peranti seperti
windshield
berukuran
besar.
Tabokan angin ke peranti ini bikin motor mudah oleng."
JAGA
BATAS KECEPATAN
Cuaca
panas tiba-tiba hujan. Jika mendapati aspal basah apalagi
bergelombang, rider
dianjurkan tak melewati batas kecepatan 80 km/jam.
Khusus
skubek
berdiameter velg
lebih kecil, handling
dan
kecepatan harus lebih diwaspadai. Di beberapa bagian, jalan beton
mememerlukan kehati-hatian ekstra karena sangat licin.
Tips
paling mudah adalah mengurangi tekanan ban sekitar 4 psi
depan-belakang dari normal, 24 psi. Apapun jenis bannya, pastikan
alur ban tak kurang dari 2 mm. Kurang dari itu air tak mampu dipompa
keluar hingga ban tidak
lengket
di jalan hingga akhirnya jadi gampang terpeleset.
Tak cuma itu, rider wajib lebih mengutamakan engine brake ketimbang kepakeman mengerem. Pindahkan gigi tinggi ke rendah secara perlahan dengan gas halus untuk menghindari roda mengunci.
Sebaliknya saat akselerasi, ikutin tips peturing, urut gas lembut agar ban belakang tidak gampang sliding. Sekadar bagi pengalaman, saat macet dan jalan basah berlumpur, sebaiknya pilihlah jalan bekas lintasan truk atau mobil. Logikanya, areal ini lebih minim genangan dan lumpur hingga roda motor bisa mencengkram lebih baik.
TEKNIK
BERKENDARA
Bedakan
teknik pengereman jalan basah dan kering. Untuk kering, dominan roda
depan. Sedang basah bagi secara merata depan-belakang dengan teknik
set
up and squeeze. Maksudnya
tekan dan lepas rem secara bertahap. Istilahnya dikocok.
Demi
kesempuraan handling
saat hujan, bikers harus menguasai riding position yang benar.
"Inilah yang paling dasar, sebelum paham cara ngerem,
manuver dan lainnya, rider
perlu paham betul RP yang benar."
Posisi
riding ideal mengharuskan rider duduk mendekati tegak, pegangan kuat
tapi fleksibel dengan siku menekuk. "Ini berhubungan langsung
dengan tingkat refleks plus ketahanannya dalam mengemudikan motor."
ANTISIPASI
MOTOR
Selain
rider,
langkah preventif juga patut diaplikasikan di motor dan perlengkapan
mengendara. Misalnya, soal kelistrikan. Hujan membuat soket-soket
basah kuyup. Bukan nya tidak mungkin, rider
tiba-tiba kesetrum, kaget, hilang kendali. Berbahaya bukan!
Apalagi motor mogok. Agar tak terjadi, jangan malas untuk merawat motor dan memeriksa kabel bodi. Siapkan sealent. Harganya sekitar Rp.5.000,- s/d Rp.10.000,-.
Apalagi motor mogok. Agar tak terjadi, jangan malas untuk merawat motor dan memeriksa kabel bodi. Siapkan sealent. Harganya sekitar Rp.5.000,- s/d Rp.10.000,-.
Untuk motor jenis sport, tangki di back-bone dicopot dulu. Yang wajib dilindungi sealant semua kabel dan soket yang berarus positif semisal soket besar membagi arus listrik dari sepul untuk pengapian dan pengisian.
Jangan lupa soket CDI, regulator dan relai lampu sein. Khusus CDI pastikan tutup kabel penyambung arus dari CDI ke koil terhindar dari air. Sekalian sambungan kabel busi dan kepala busi jika dirasa perlu.
Penting juga untuk membawa cairan pembantu seperti WD 40 dan lap kering. Kalau tutup busi basah, tingal semprotkan cairan itu dan lap hingga kering. Juga penutup sekring aki dan relai starter listrik yang rawan dan anti terhadap air.
Semoga
bermanfaat dan Keep Safety Riding
Info
Terkait : Artikel
Otomotif, Lowongan
Mekanik, Lowongan
Pekerjaan
tips yang bagus mas,, sangat bermanfaat
ReplyDelete