Monday, March 12, 2012

4 Cara Mengalahkan Keraguan


Rasa ragu sering menghampiri setiap orang dalam semua sisi kehidupan yang dialaminya. Dalam dunia karir, keraguan dapat berbentuk ragu pada kemampuan diri dalam usaha menggapai kesuksesan. Ada 5 langkah sederhana yang bisa Anda lakukan untuk menepis perasaan ini.

  1. Ketahui sebab keraguan
Rasa ragu sering kali datang karena dipicu oleh sebab-sebab yang Anda sadari ataupun tidak. Oleh karena itu, ketahuilah hal-hal yang membuat Anda ragu. Sebab-sebab tersebut bisa berasal dari luar (orang lain) atau dari diri sendiri (tak percaya diri). Lalu, ingat kembali masa ketika Anda memperoleh suatu kesuksesan yang berawal dari keraguan. Yakinkan diri bahwa Anda dapat meraih keberhasilan lagi.

  1. Hapus pikiran yang meragukan
Pikiran Anda berperan penting atas apa yang dirasakan, termasuk keraguan. Usahakan menghapus pikiran buruk yang mengarahkan Anda pada pesimisme. Buat daftar sesuatu yang ragu Anda lakukan, lalu tambahkan fakta-fakta baik yang mendukung rencana Anda melakukan hal tersebut.

  1. Catat kegiatan dalam sehari
Untuk meningkatkan keyakinan Anda pada diri sendiri, dia akhir hari, catat kegiatan yang telah Anda lakukan seperti “tiba di kantor tepat waktu”dan pisahkan berdasarkan pencapaiannya, yaitu “berhasil” atau “gagal”. Niscaya, dari daftar tersebut, ada jauh lebih banyak hal yang “berhasil” daripada yang “gagal”.

  1. Dukungan orang-orang terdekat
Terkadang, orang -orang di sekitar mengenal Anda lebih baik dari diri Anda sendiri. Ceritakan pada mereka keraguan yang Anda rasakan dan bersiaplah menerima respon baik dari mereka yang mengejutkan Anda. Jangan lupa untuk berbagai kesenangan dengan orang-orang terdekat setelah Anda sukses melakukan rencana yang diawali keraguan tersebut.

Semoga bermanfaat

No comments:

Post a Comment