Thursday, March 1, 2012

Langkah-Langkah Ampuh Time Management


Selalu merasa kekurangan waktu adalah pengalaman biasa bagi orang yang sibuk dalam ber-karir. Berikut tips agar Anda mampu mengendalikan waktu lebih baik lagi sehingga segala kewajiban dapat terselesaikan tepat waktu dan tak terbengkalai.

  1. Buatlah daftar aktifitas harian Anda dengan lengkap dan detil. Tentukan kegiatan-kegiatan yang kurang penting dan segera hapus dari daftar aktifitas harian.

  1. Tentukan tujuan aktifitas Anda dalam sehari, setiap hari. Wujudkan tujuan Anda dengan kegiatan-kegiatan yang mengarahkan pada pencapaian keinginan tersebut. Misalnya, bila tujuan Anda hari ini adalah menyelesaikan proposal, beri prioritas waktu Anda hari ini untuk menyelesaikan proposal.

  1. Bila memiliki beberapa tugas, urutkan beberapa pekerjaan tersebut berdasarkan darurat atau tidaknya tenggat waktu (deadline) yang diberikan. Selesaikan dahulu pekerjaan yang memiliki tenggat waktu terdekat.

  1. Hindari melakukan multitasking sehebat apapun Anda merasa bisa melakukannya. Multitasking akan memperbesar kemungkinan kesalahan dan pekerjaan justru bisa selesai lebih lambat. Selain itu, multitasking juga dapat mengurangi kualitas hasil kerja.

  1. Atur waktu untuk memanjakan diri. Di sela-sela aktifitas yang padat, sediakan waktu untuk menyegarkan jiwa dan pikiran Anda dengan kegiatan-kegiatan menyenangkan agar tak mudah stress saat kembali bekerja.

Semoga bermanfaat

No comments:

Post a Comment