Monday, February 27, 2012

5 cara mengembangkan kemampuan public speaking


Dalam dunia karir, kemampuan untuk berbicara di depan umum sangatlah penting, terutama bila bidang pekerjaan Anda menuntut banyak komunikasi dengan orang lain. Berikut beberapa tips singkat agar Anda lebih didengarkan.

  1. Bicara perlahan
Orang yang mampu berbicara dengan baik akan menunggu saat yang tepat untuk berbicara. Dan pada saat yang tepat, ia akan berbicara perlahan tapi jelas dan mudah dimengerti.

  1. Kontak mata
Interaksi dapat berjalan lebih baik saat Anda menatap mata lawan bicara, walau tidak harus sepanjang Anda berbicara. Ini juga meningkatkan kepercayaan diri Anda.

  1. Ekspresi perasaan
Orang lain akan merasa lebih nyaman bila, sebagai pembicara, Anda mampu mengekspresikan perasaan atas suatu topik yang dibicarakan melalui kata-kata. Karena, hal tersebut akan memancing pembicaraan untuk berlanjut lebih lama.

  1. Banyak pengetahuan
Bila Anda mengetahui suatu hal lebih banyak dari teman atau rekan Anda, beritahukan mereka di saat yang tepat. Orang yang memiliki banyak pengetahuan dan mampu mengekspresikannya akan lebih banyak mencuri perhatian.

  1. Pemilihan kata yang baik
Pembicara yang baik akan memilih kata-kata yang baik dan menarik pula. Disertai dengan keempat kemampuan di atas, pemilihan kata yang baik akan menjadikan diskusi atau obrolan santai lebih menarik.

Semoga bermanfaat

 

No comments:

Post a Comment