Thursday, February 2, 2012

Tips Memilih Ultrabook yang Sesuai

Tipis, ringan,  mungil dan bertenaga. Itulah gambaran sebuah ultrabook. Meski saat ini harga ultrabook belum tergolong murah, genre baru yang mirip Macbook Air besutan Apple inc. ini ternyata memperoleh sambutan hangat. Tidak sedikit orang yang tertarik dengan dimensi yang teramat tipis dengan bobot yang ringan. Apalagi kedua kelebihannya tersebut terasa semakin lengkap dengan performa yang cukup baik pula. Apakah Anda tertarik? Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan jika Anda ingin memilih sebuah ultrabook.

Penampilan

Ini adalah pertama kali Anda memperhatikan sebuah produk. Sebuah ultrabook adalah teman setia Anda. Benda ini dirancang sedemikian rupa untuk hadir dan tampil di sisi Anda. Baik itu di restoran, café, atau di meja ruang rapat, di hadapan klien penting. Jadi, pastikan penampilannya cocok dengan Anda!

Kenyamanan

Ultrabook dirancang untuk nyaman digunakan. Dimensi yang tipis, bobot ringan, dan feature instant-on adalah andalannya. Akan tetapi, pastikan bahwa Anda benar-benar nyaman. Apakah fungsi instant-on bekerja dengan baik? Apakah layarnya cukup lebar?

Memegang dan mencoba sebelum membeli adalah hal yang penting. Apakah keyboard dan touchpad-nya nyaman untuk bernavigasi? Apakah Ultrabook ini nyaman dioperasikan? Apakah mudah dipegang, diangkat, atau dimasukkan ke dalam tas? Ingat, sekali lagi, sebuah ultrabook sudah selayaknya nyaman digunakan.

Performa

Hal yang satu ini sepertinya tidak terlalu menjadi masalah. Mengingat Core i5 ULV yang digunakan di ultrabook mampu memberikan performa sama dengan Core i5 Arrandale (generasi pertama) yang clock-nya lebih tinggi. Jadi, seharusnya, bahkan ultrabook versi Core i3 pun bisa memberikan performa yang tinggi.

Kapasitas vs Kecepatan

Saat ini ada dua pendekatan untuk memperoleh instant-on. Pendekatan pertama adalah dengan menggunakan SSD saja. Sementara cara kedua adalah dengan menggunakan SSD caching. Cara yang kedua ini membutuhkan SSD kecil dan HDD besar. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan. Tergantung kepada pilihan Anda saja.

“Pure” SSD: Tentu saja, ini adalah pilihan yang baik dari sisi performa dan daya tahan. Selain memungkinkan instant-on, SSD juga membuat performa sistem meningkat drastis dibandingkan penggunaan HDD saja. Akan tetapi, harga SSD 120 GB tentunya sangat mahal. Ini akan membuat ultrabook menjadi mahal dan kapasitas penyimpanan menjadi pas-pasan. Apakah Anda rela membarter kinerja dengan kapasitas (dan masih menambahkan sedikit dana lagi)?

“Hybrid” SSD+HDD: Ini adalah pilihan yang berusaha menggabungkan kelebihan dari dua sisi (SSD dan HDD). Penggunaan SSD sebagai cache drive membuat performa sistem cukup jauh lebih tinggi dibandingkan HDD saja. Meski masih di bawah implementasi pure SSD, sistem Hybrid ini tetap bisa memberikan instant-on dalam tempo sangat singkat. Keunggulan lainnya adalah karena masih menggunakan HDD, kapasitas penyimpanan tetap besar (320 GB atau lebih) dan harga terjaga tetap rendah. Hal ini dimungkinkan karena umumnya ukuran SSD untuk cache drive hanya berkisar 20-32 GB saja.

Daya Tahan Baterai

Semua produsen akan menampilkan rating daya tahan baterai. Berhubung ultrabook versi awal memiliki target 5 jam, jadi para produsen pun hanya akan menawarkan daya tahan baterai di kisaran 5 jam. Apabila ada yang bisa mencapai di atas 5 jam, itu adalah bonus yang menarik. Perhatikan juga bahwa tiap produsen akan memberikan rating daya tahan baterai yang berbeda untuk spesifikasi yang berbeda. Contoh: ultrabook hanya dengan SSD akan memiliki rating daya tahan baterai sedikit lebih baik.

Harga dan Prediksi

Tentu saja, harga akan menjadi pertimbangan Anda. Setelah menelaah aspek-aspek yang disebutkan di atas, tentukan mana yang cocok dengan kocek Anda. Ada beberapa hal yang perlu diingat seputar harga. Pihak Intel pernah mengatakan bahwa ultrabook seharusnya bisa ditawarkan dengan harga di bawah USD1.000. Sementara, pernyataan berikutnya adalah ultrabook yang sekarang ini adalah tahap pertama. Tahun depan, akan ada ultrabook tahap kedua yang tentunya lebih canggih lagi. Dan tahap ketiga pun akan menyusul dengan cepat. Jadi, saran kami, jangan membeli yang terlalu mahal, mengingat ultrabook akan segera ditingkatkan kemampuannya. Jadi dari sisi harga, pilihlah yang masih menawarkan keunggulan sesuai standar ultrabook namun tidak dijual dengan harga terlampau tinggi.

Sudah siap bergaya dan berkreasi dengan ultrabook pilihan Anda?

Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda. (gondlong)

Informasi Lainnya : tips komputer, tips karir, lowongan it

No comments:

Post a Comment