Bekerja
tak selamanya menyenangkan. Ada saatnya Anda bosan
dan akan merasakan kerja sebagai beban. Saat mood semacam itu datang,
bekerja bahkan seperti sebuah perbudakan. Maka yang Anda perlukan,
adalah sebuah strategi agar bisa selalu bergembira dan ceria di
tempat kerja.
Adalah
tanggung jawab pribadi Anda, untuk menjadikan kantor dan pekerjaan
sebagai dua hal yang membahagiakan. Sebab setengah dari usia Anda,
mungkin akan Anda habiskan di sana.
Berikut
ini adalah tips
karir untuk cerah ceria dan bergembira di tempat kerja, dari
Susan M. Heatfield, seorang pakar HRD.
1.
Pilihlah Untuk Bergembira
Bagian
terbesar dari rasa bahagia dan senang, diciptakan oleh
pilihan-pilihan. Maka, tetapkanlah pilihan untuk bergembira di tempat
kerja. Galilah sisi positif dari tempat kerja dan pekerjaan
Anda. Kabar baiknya, jika Anda mau sedikit mengalahkan ego Anda, maka
Anda pasti bisa menemukan keceriaan dan kegembiraan.
2.
Lakukan Apa Yang Anda Sukai
Lakukan
apa yang Anda sukai dan senangi, setiap hari. Temukan apa yang Anda
sukai dan senangi di tempat kerja Anda, pasti ada. Anda tidak akan
mungkin merengut full time di sepanjang karir Anda. Anda pasti pernah
tersenyum atau bahkan tertawa. Temukan itu kembali dan lakukan tanpa
mengganggu produktifitas Anda. Apa yang Anda cari bukan pelarian
melainkan esensi.
3.
Ambil Alih Tanggung Jawab Self Development
Ingat
selalu bahwa Anda adalah orang yang paling bertanggung jawab untuk
pengembangan diri Anda. Sebab, Anda sendirilah manusia yang paling
tertarik dengan diri Anda. Selain dengan belajar dan membaca, pola
pengembangan diri yang terbaik untuk Anda adalah berinteraksi dan
berkolaborasi dengan rekan kerja, atasan, bawahan, klien, dan
kustomer Anda.
4.
Ambil Alih Tanggung Jawab Informasi Situasi
Jangan
menunggu informasi yang masuk tentang apa yang sedang berlangsung di
tempat kerja. Setiap orang sibuk untuk mengurusi dan memberi
informasi kepada Anda. Ambil alih tanggung jawab itu dengan aktif
menggali informasi. Aktifkan saluran komunikasi Anda, agar Anda bisa
mengakses berbagai informasi yang bisa mempermudah pekerjaan Anda dan
agar Anda bisa merencanakan dan mengatur produktifitas kerja Anda.
5.
Aktif Meminta Masukan
Mintalah
masukan kepada boss Anda. Pujian darinya tentang hasil kerja Anda
adalah motivasi. Mintalah masukan kepada rekan kerja Anda, dan
komentar mereka bisa menjadi pengakuan. Mintalah masukan dari
kustomer Anda. Apa yang mereka katakan, bisa menjadi afirmasi. Jika
Anda cermati, apa yang diungkapkan di sini sangat jelas menggambarkan
bagaimana Anda patutnya bekerja.
6.
Komitmen Hanya Pada Yang Disanggupi
Hati-hati
mengatakan "ya". Penyebab paling serius dari stress dan
ketidakceriaan di tempat kerja adalah kegagalan memenuhi komitmen.
Tips 1 sampai dengan tips 5 di atas, sangat membantu Anda untuk bisa
makin sering mengatakan "ya".
7.
Hindari Negatif
Pembicaraan
negatif, gosip negatif, orang negatif, manusia negatif, dan bahkan
alat kantor negatif. Anda bisa stress dan frustrasi dibuatnya.
Negatif dan positif, adalah dua hal yang paling mudah menular.
8.
Latih Keberanian Profesional
Pahami
tuntutan keberanian di dalam profesi Anda. Latihlah diri Anda dalam
menguasainya. Public speaking, meeting, organizing, dan bahkan
berdebat atau berkompetisi secara sehat. Latihlah untuk segala hal di
dalam dan di tempat kerja Anda. Termasuk jika hanya untuk futsal
bersama, naik sepeda bareng, arisan, buka bersama, atau upacara.
9.
Make Friends
"Do
you have a best friend at work?"
Jika
Anda telah memiliki satu saja teman baik di tempat kerja, itu sudah
cukup untuk menceriakan Anda. Jika Anda belum punya, cari.
10.
Jika Semua Itu Gagal
Jika
Anda masih belum bisa ceria juga, evaluasi ulang kantor Anda, profesi
Anda, dan keseluruhan karir Anda.
Bisa jadi, Anda harus pergi. Maka, mulailah mencari. Dan pencarian
ini, sudah cukup menggembirakan Anda. Sebab hidup dan kebahagiaan,
adalah identik dengan harapan.
Kesuksesan
dalam pekerjaan atau aktivitas lain merupakan impian banyak orang
seperti Anda. Biasanya, asumsi tersebut dikaitkan dengan pola hidup
kerja keras. Tapi, hal itu tidak akan terlaksana apabila tidak
ditunjang dengan kepribadian yang baik. Maka, jangan pernah berharap
meraih kesuksesan sebelum memilikinya.
Semoga
Bermanfaat
Info
Lainnya : tips
kecantikan, tips
kesehatan, lowongan
pekerjaan
No comments:
Post a Comment