Friday, February 24, 2012

Cegah Virus Pada Ponsel Anda

Penyebaran virus pada smartphone tidak hanya disebabkan oleh pembuat malware yang semakin menargetkan perangkat ponsel yang diserang. Anda mungkin tidak akan ingin menggunakan PC tanpa perlindungan anti-virus. Dan setiap aplikasi, Web link, atau kiriman email yang Anda akses dengan smartphone Anda berpotensi terkandung sesuatu yang berbahaya didalamnya, maka pilihan yang cerdas adalah dengan memasangkan anti-virus pada ponsel Anda.

Sayangnya, tidak sesederhana itu, karena software anti-virus belum tersedia untuk semua platform smartphone. Aplikasi Anti-virus terutama hadir untuk ponsel iPhone dan Windows Phone 7, mungkin didasarkan pada gagasan bahwa Microsoft dan kontrol ketat Apple atas sistem operasi masing-masing.

Bagi pengguna iPhone: Anda dapat men-download Trend Micro's Smart Surfing, yang akan memeriksa situs Web yang Anda kunjungi terhadap database yang diketahui mengandung konten berbahaya.
Sifat terbuka dari platform Android membuatnya sangat rentan terhadap malware, tapi untung ada pilihan perlindungan yang tersedia, seperti AVG Mobilation Anti-Virus yang dapat diunduh secara gratis, yang akan memindai website, email pesan teks, file dan aplikasi dan menawarkan fitur remote location lock-and-wipe. (versi Pro yang berbayar $10 akan menghilangkan iklan dan menyediakan dukungan teknis.)
Pilihan lain yang baik untuk perangkat Android Anda adalah Lookout Mobile Security, meskipun Anda perlu ante up untuk berlangganan Premium sebesar $3/bulan atau $30/tahun) untuk fitur tertentu, seperti kemampuan untuk remotely lock and wipe.

Lookout juga tersedia untuk perangkat BlackBerry (Premium) atau dapat juga mencoba beberapa anti-virus lainnya.


Semoga bermanfaat

No comments:

Post a Comment