Friday, February 24, 2012

5 Tips Menjaga Keseimbangan Hidup dan Pekerjaan

Jika Anda merasa terlalu banyak bekerja dan menjadikan karir lebih penting dari apapun yang menyita waktu dan sisa hidup Anda, Anda tidak sendirian.

"Banyak orang memiliki waktu tetapi sulit menemukan keseimbangan dalam hidup mereka karena adanya ketakutan akan PHK di mana mereka bekerja. Mereka takut hal itu mungkin terjadi pada mereka, jadi mereka menngorbankan waktu lebih banyak untuk bekerja," ujar psikolog Robert Brooks, PhD. Brooks mengatakan. "Fokuskan waktu dan perhatian pada hal yang dapat Anda kendalikan."

Berikut adalah lima cara untuk membawa keseimbangan untuk rutinitas harian Anda:

  1. Membangun downtime ke dalam jadwal Anda.
    Ketika Anda merencanakan minggu Anda, membuat jadwal bersama keluarga dan teman-teman dengan kegiatan yang membuat Anda rileks. Kencan malam dengan pasangan Anda atau permainan softball dengan teman-teman Anda, Anda pasti akan mengatur waktu Anda dengan baik sehingga Anda tidak harus membatalkannya.
    "Ini membantu untuk menjadi proaktif tentang penjadwalan," kata Laura Stack.

  2. Kurangi kegiatan yang menguras waktu atau energi.
    "Banyak orang membuang waktu untuk kegiatan atau orang yang sia-sia. Misalnya, menghabiskan terlalu banyak waktu di tempat kerja dengan rekan yang selalu bergosip.
    Anda bahkan mungkin dapat meninggalkan pekerjaan sebelumnya jika Anda berusaha sadar untuk membatasi waktu yang Anda gunakan di web dan situs media sosial, membuat panggilan pribadi, atau memeriksa saldo bank Anda. "Kita sering terjebak dalam kebiasaan yang membuat kita jauh kurang efisien tanpa menyadarinya," kata Stack.

  3. Pikirkan kembali tugas-tugas Anda.
    Bisakah Anda memesan belanjaan Anda secara online dan dikirimkan? Mempekerjakan orang untuk memotong rumput Anda? Membiarkan dry cleaning yang menjemput dan mengantar pakaian Anda ke rumah atau kantor? Order perangko Anda secara online sehingga Anda tidak harus pergi ke kantor pos?
    Stack juga menunjukkan untuk bertukar jasa dengan teman. Tawarkan untuk melakukan tugas-tugas yang Anda sukai atau yang Anda rencanakan untuk melakukannya.
    "Anda bisa bertukar jasa berkebun dengan layanan penitipan bayi," kata Stack. "Jika Anda ingin memasak, Anda bisa mempersiapkan dan membekukan beberapa makanan dan memberikannya kepada seorang teman yang di tukar dengan hadiah liburan Anda."

  4. Dapatkan waktu bergerak.
    Sulit membuat waktu untuk berolahraga ketika Anda memiliki jadwal yang padat, namun para ahli mengatakan bahwa pada akhirnya akan dapat membantu Anda mendapatkan lebih banyak energi untuk berkonsentrasi.
    "Penelitian menunjukkan olahraga dapat membantu Anda untuk lebih waspada," kata Brooks. 
     
  5. Ingat bahwa sedikit relaksasi menghasilkan manfaat yang besar.
    Jangan kewalahan dengan asumsi bahwa Anda perlu membuat perubahan besar untuk membawa keseimbangan yang lebih baik untuk hidup Anda. Brooks merekomendasikan menetapkan tujuan yang realistis, seperti mencoba untuk meninggalkan kantor lebih awal satu malam per minggu.
    "Perlahan-lahan membangun lebih banyak kegiatan ke dalam jadwal Anda yang penting bagi Anda," Stack menunjukkan bahwa bahkan disaat kegiatan padat, Anda dapat mengambil 10 atau 15 menit untuk melakukan sesuatu yang akan mengisi ulang baterai Anda. "Mandi, membaca novel tak bermutu, berjalan-jalan, atau mendengarkan musik," ia menyarankan. "Anda harus membuat waktu untuk hal-hal yang membangkitkan sukacita Anda."
Semoga bermanfaat

No comments:

Post a Comment